Minggu, 08 April 2012

Aku, waktu dan salah satu di antara sepuluh


Bismillah..
Kisah nyata. Smoga kita bisa mngambil pelajaran di dalamnya.


Pagi ini aku bermain bola. Aku mndapatkan lebih dari 20 ksempatan u/ mncetak gol, bhkan 9 diantaranya Shoot on target, namun hnya 2 yg brhasil. Meskipin pada akhirnya Timku menang, tetapi aku merasa malu. Aku malu krna gagal mewujudkan harapan tman2ku yg mmberikan umpan kpadaku. Walaupun aku malu, ttapi aku cukup puas dgn 2 gol yg aku ciptakan dgn mata kaki ku sndiri.
***



Pelajaran yg bisa kita ambil:
Kemenangan mmberikan kesenangan. Sesering apapun kita gagal dlm proses, namun ktika qta brhasil pd akhirnya, maka smua kegagalan2 proses itu mnjdi bumbu penting dlm perasaan senang kita.

Selesai brmain bola, aku mencuci kaki. Setelah mencuci kaki, aku melihat salah seorang saudaraku tngah duduk mnyendiri di samping gedung jurusan Geografi. Aku pun mendatanginya. Tidak lebih dari 14 menit aku menemaninya, aku memutuskan u/ mninggalkannya. Aku katakan bhwa aku hrus brsiap krna punya agenda pukul 09.00. Pada saat itu msih pukul 7.55. Blum smpat dia protes, aku katakan kpadanya sprti ini:
"Catat ini Risal! Klo prlu Update statusmu skrg Juga! Bahwa Aku, Asri, akan menjadi salah satu diantara 10 orng yg paling mnghargai waktu tahun 2012!"
Stelah mngatakan itu, aku smpat mlihat ekspresi tmanku itu yg tdk jelas.
***

Pelajaran yg bsa kita ambil:
Sebuah Tips yg prnah aku dapatkan dlm materi 'manajemen waktu'.
Kita bsa mnciptakan pngawas2 dlm pikiran kita. Dgn mngumumkan atau mmpublikasikan target kita kpd orng lain, ini akan mndorong kita u/ bnar2 mencapai target itu.
Sama halnya ktika saya katakan kpd semua tman2 kelas saya bhwa proposal penelitian saya sdah bsa selesai pd hari Senin nanti. Semua tman2 akan mnjadi pngawas2 dlm pikiranku.
"klo gak slesai, malu nih sama tman2, bisa2 aku dbilanging OmDo atau bsar kpala nih, atau bisa2 aku dbilangi sok". Sperti itulah slah satu wujud pngawas dlm pikiran kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar