Selasa, 24 Januari 2012

Aku percaya bahwa DEMONSTRAN tidak akan KORUPSI.


Bismillah..
F I N A L.
Demikianlah. Ujian Final selalu menjadi
momok mengejutkan bagi kalangan mahasiswa. Baik itu mahassiwa baru, mahasiswa lama, bahkan mahasiswa sangat lama pun masih belum terbiasa dengan fenomena 'semester'an ini.
Jadwal telah dirilis. InsyaAllah, Ujian Final akan dimulai pada Tanggal 6 Januari 2012. Maka tidak heran, bila pekan ini, malam-malam mahasiswa mulai dihantui oleh jadwal final.


Ujian Final diadakan dengan tujuan mengevaluasi perkembangan mahasiswa selama 1 semester. Di sinilah kita diuji berapa banyak ilmu yang tersimpan dalam memori kita.
Nah, apa yg unik di ujian final?
Tanpa ada niat menjelekkan, saya pribadi merasa malu dgn realita yg ada. Meski Tdk saya beberkan, masing2 sdah tahu bagaimana proses ujian Final di kampus.
Saya ingin memberikan 1 kata saja, namun ia akan menggetarkan hati orang2 tertentu yang membacanya: MENYONTEK(sdah trmasuk d dlmnya, liat buku, liat catatan, dan pnyimpangan2 saat ujian). Sebuah kata sederhana yang mampu menciptakan masa depan bangsa Indonesia yang kelam.

MENYONTEK saat ujian bukan lagi merupakan aib oleh kaum intelektual ini. Sadarlah Wahai MAHAsiswa, menyontek bukanlah perkara sepele! Ia menyinggung lini Aqidah dan Muroqabatullah. kalian tahu bahwa menyontek itu melanggar aturan, menyontek itu tidak baik. Namun kalian melakukannya tanpa rasa berdosa bahkan setelah sukses melakukan kejahatan ini, dengan bangga dan senangnya kalian mereview kepada teman2 tentang operasi menyontek yang baru saja kalian lakukan. Dan inilah Musibah yang terbesar. Ibnul Jauzi Rohimahullah berkata, “ketahuilah, musibah terbesar adalah merasa aman setelah melakukan dosa”
Kalian berusaha melakukannya sehalus dan sesenyap mungkin sehingga pengawas tidak melihatnya. Namun, bukankah rukun Iman No.2 yg sdah kalian hapal mati itu, menunjukkan eksistensi Pengawas yg sejati, yakni Malaikat yang Nonstop mencatat perbuatan2 kalian?
Saudaraku yang seiman, Jangan sampai kalian meragukan bahwa Rabb semesta Alam ini Maha Melihat dan Maha mengetahui segala perbuatan hamba2nya.
Dalam Al Qur’an Al Karim disebutkan:
“Sesungguhnya Allah itu Maha Melihat apa2 yg kalian kerjakan” QS. Al Baqarah(2) :110

Jangan sampai kalian ragu bahwa setiap keburukan yg kita lakukan akan mendapatkan balasan.
Allah berfirman;
“Dan barangsiapa yg mengerjakan kejahatan sebesar dzarrah, niscaya dia akan melihat balasannya.” Q.S Al Zalzalah(9) : 8

Jangan sampai kalian tdk merasa takut dengan ancamanNya. Jangan sampai kalian menantang bagaimana siksa neraka itu.
“Dan apabila dikatakan kepadanya: "Bertakwalah kepada Allah", bangkitlah kesombongannya yang menyebabkannya berbuat dosa. Maka cukuplah (balasannya) neraka Jahannam. Dan sungguh neraka Jahannam itu tempat tinggal yang seburuk-buruknya.” Q.S Al Baqarah(2) :206.

Di sisi lainnya, ketahuilah wahai mahasiswa, sungguh dosen yang mengawasimu itu tahu betul apa yg kamu kerjakan. Melalui Body language dan mata kalian, tidaklah susah mendeteksi aksi seperti itu. Hanya saja sedikit yang mau bertindak. Terkadang mereka(Pengawas) hanya diam, tidak menegur. Namun, dalam diamnya mereka mencatat nama2 para penjahat ujian. Jadi, jangan protes kalo nantinya ada yg mndapat nilai ERROR, padahal dia merasa kerjanya bagus.

Saudara2ku, tanyakan pada hatimu, apa sbenarnya yg kau inginkan dari kuliah ini? Untuk apa sebenarnya kita membayar SPP tiap semester?
IPK 4.0 kah yg kau kejar?
Untuk apa? Cari Kerja?
Ketahuilah IPK 2.75 sdah bsa diterima di semua lowongan kerja d indonesia.
Dan IPK itu hanyalah syarat pelengkap dalam penerimaan tenaga kerja. karena yg dibutuhkan ialah Skill.
Mskipun IPK mu 4.0, namun bila Skillmu hanya 0.4, maka jangan bermimpi mau dapat kerja.

Dan untuk yang gemar berteriak di jalan, mengutuk para koruptor, tanpa sadar ternyata dalam dirinya tumbuh subur bakat korupsi yang handal, yaitu MENYONTEK!

Akhirnya,,
Untukmu yang mengejar kesuksesan sejati baik di dunia maupun di akhirat..
Allah Azza wa jalla berfirman dalam kitabnya yang mulia:
“....mereka yang telah taubat dan mengadakan perbaikan dan menerangkan (kebenaran), maka terhadap mereka itulah Aku menerima taubatnya dan Akulah Yang Maha Menerima taubat lagi Maha Penyayang”. QS. Al Baqarah: 160
Lalu dalam surah lain, Allah berfirman:
“(yaitu) syurga 'Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan).” Q.S Thaahaa(20): 76

Tentu Kita semua tidak mau memulai pergantian tahun ini dengan keburukan. Ujian Final semester ini harus murni hasil usaha kita. Tidak susah. Kita Cuma perlu membaca ulang pelajaran2 yang kita terima. Tdk perlu dihapal. Baca dengan saksama, InsyaAllah ia akan terekam dalam memori kita. Tentu tidak cukup hanya dengan usaha. Ya, kita butuh doa! Mintalah kepada Allah agar diberi kemudahan dalam memahami pelajaran2. Setelah itu, kita serahkan kepada Allah. Dialah yang Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk hambaNya.

Mari melakukan perubahan terbesar dalam hidupmu! Jika sebelumnya kamu masih menyontek, maka inilah saatnya kamu bertaubat. Torehkan dalam hatimu komitmen bahwa kamu tidak akan pernah menyontek lagi. Katakan Tidak! Pada ajakan2 untuk menyontek. Gentarkan seluruh semesta alam dngan meneriakkan skeras2nya:
Saksikanlah! Aku seorang Mahasiswa Sejati!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar